Cara Merawat Mesin Motor

Siapa nih yang suka sebel saat mau menggunakan sepeda motor tiba-tiba mesin motor malah tidak bisa dinyalakan. Jika hal ini terjadi tentu saja akan mengganggu rutinitas harian kita. Dan saat seperti ini biasanya barulah timbul penyesalan kenapa tidak melakukan perawatan mesin motor secara rutin. 

Terlebih bagi kaum perempuan, biasanya memang tidak begitu peduli terkait dengan perawatan mesin motor. Padahal perawatan mesin motor secara rutin merupakan kunci untuk menjaga agar kendaraan tetap berada dalam kondisi prima saat dikendarai. Tidak hanya itu perawatan motor juga membuat mesin kendaraan lebih awet sehingga kita bisa mengurangi biaya perawatan karena tidak perlu sering-sering ke bengkel.

Bagi teman-teman yang menginginkan agar performa kendaraannya tetap optimal, berikut ini saya akan berbagi tips mengenai cara merawat mesin motor.

Cara Merawat Mesin Motor Agar Awet

Ganti filter oli secara berkala

Filter oli memiliki fungsi untuk menyaring kotoran. Maka dari itu, saat kita menganti oli, filter oli juga harus diganti hal ini penting agar tidak terjadi penumpukan kotoran dalam mesin. 

Periksa dan Ganti Busi

Salah satu sebab kenapa mesin motor tidak mau hidup adalah karenanya businya mengalami kerusakan. Misalnya saja karena masa pakainya sudah habis atau juga sudah longgar dan berwarna hitam. Jika demikian segera ganti busi dengan yang baru agar sistem pengapian pada sepeda motor kembali berjalan dengan baik.

Servis tune up rutin

Servis tune up rutin ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sepeda motormu. Sehingga jika ada kerusakan bisa segera ditangani. Beberapa hal yang di cek saat tune up rutin diantaranya adalah, mengecek kondisi rantai, tekanan ban dan sistem karburator.

Jaga Kebersihan Filter Udara

Untuk menjaga agar pembakaran dalam mesin berjalan baik adalah udara yang bersih. Oleh karena dari itu kita harus memastikan kondisi fiter udara dari mesin motor kita. Jika filter udara kotor maka filter udara harus diganti.

Perhatikan jika ada yang tidak nyaman saat motor dikendarai

Beberapa tanda jika ada masalah dalam komponen sepeda motor maka kita akan menemukan masalah seperti suara sepeda motor yang tidak seperti biasanya atau motor terasa oleng saat dikendarai. Ketika kita mengalami salah satu tanda di atas, segera periksa kondisi kendaraan kita agar kerusakan tidak semakin parah.

Ganti Oli Secara Teratur

Untuk menghindari kerusakan mesin sepeda motor, ganti oli rutin harus dilakukan. Oli memiliki fungsi sebagai pelumas dan pendingin agar komponen mesin tetap bekerja secara optimal. Rekomendasi dari pabrikan sepeda motor menyarankan untuk menganti oli setiap 2000-3000 km atau setiap 2-3 bulan sekali. 

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kondisi mesin sepeda motor kita agar awet. Perawatan rutin untuk sepeda motor selain untuk menjaga kondisi mesin agar tetap optimal dan berumur panjang juga memastikan sepeda motor kondisinya aman saat dikendarai. Sehingga kita bisa tenang saat berkendara tanpa khawatir sepeda motor tiba-tiba berhenti ditengah jalan.

Ganti Oli motor supra x 125 di Planet Ban

Agar mesin motor terawat dengan baik, mengganti oli rutin merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan. Kegiatan ini penting karena punya dampak besar terhadap kinerja mesin sepeda motor. Bagi kalian pengguna Supra X 125, tidak perlu bingung lagi jika ingin ganti oli. Hal ini karena dalam mengganti oli supra x 125, Planet Ban menawarkan dua pilihan oli yaitu X-TEN 10W40 BEBEK 0.8L dan X-TEN 20W50 BEBEK 0.8L. 




Untuk memilih mana tipe oli yang akan kita gunakan sebaiknya kita sesuaikan dengan penggunaan sepeda motor kita. Jadi kita harus memahami kode kekentalan oli yang terdapat dalam label botol oli. Untuk kode 10W40 punya viskositas yang sedang pada suhu dingin dan pada suhu panas lebih kental. Oli dengan kode ini cocok untuk mesin motor yang memiliki operasi yang tinggi. Sedangkan oli dengan kode 20W50 pada suhu panas dan dingin memiliki viskositas yang kental. Oli ini cocok digunakan untuk mesin-mesin yang berusia lebih tua dan digunakan dalam kondisi yang berat.

Agar kualitas mesin tetap terjaga, kualitas oli merupakan hal yang sangat penting. Oli yang memilki kualitas baik dapat bekerja optimal. dapat mengurangi gesekan, melindungi dari korosi dan mendinginkan komponen yang panas. Maka dari itu menganti oli rutin merupakan perawatan sepeda motor yang harus kita lakukan agar mesin sepeda motor performanya optimal dan aman saat digunakan.

Komentar

  1. aku nih termasuk cuek cuek aja sama motorku, kalau pas udah ngerasa ga enak, baru berangkat ke bengkel
    pernah motorku sampe olinya kosong dan untungnya ketahuan waktu masih di rumah
    dulu aku kira di Planet Ban cuman buat ganti ban aja, ternyata bisa servis dan ganti oli juga ya

    BalasHapus
  2. Cara merawat mesin motor agar nggak gampang rusak salah satunya harus sering ganti oli yaa, disesuaikan dengan motornya. Ini bener banget sih, motorku nggak rajin dirawat jadi cepet rusak mesinnya. Jadi mending ganti oli daripada benerin motor rusak, huhu..

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya. Kebetulan ada Planet Ban deket rumah saya. Perawatan motor rutin sudah dilakukan tapi memang ada hal-hal yang perlu bantuan ke bengkel ya.

    BalasHapus
  4. Ternyata di Planet Ban bisa juga ganti oli ya. Mengga ti oli secara rutin dan terbaik...ya di Planet Ban tempatnya.

    BalasHapus
  5. Punya motor gak cuma sekedar dipake doang, tapi juga dirawat.

    Itu komentar pedes dari saudara saya saat motor kami tiba-tiba mati mendadak. Saya akhirnya sadar kurang telaten di perawatan mesin.

    Artikel ini betul-betul kubutuhkan buat Reminder supaya mesin motorku ke lebih awet dan bagus

    BalasHapus
  6. walaupun nggak pernah servi mototr (karena ga punya) tapi tau kalo kita harus rutin ganti oli dan servis tune up rutin, soalnya banyak cowok-cowok di ssmed ngeluh motor ceweknya keadaannya mengenaskan

    BalasHapus
  7. Paling penting ganti oli , kampas rem sama lihat masa pakai ban. Kadang banyak orang abai ya kak sama perawatan sepeda motor ini. Soalnya penting untuk keselamatan di jalan

    BalasHapus
  8. iya nih mesin motor memang harus dirawat secara teratur, soalnya kalau ngak dirawat bisa gawat kalau rusak, biaya servisnya malah lebih mahal, tapi kalau urusan servis motor biasanya suamiku, aku bagian pake aja wkwkwk.

    BalasHapus
  9. Betul banget, harus rajin dicek, karena baru kemarin banget motor saya bannya pecah, robek panjang. Untung ada bengkel yang buka sampai malam. Sebelum ke mana-mana emang wajib cek keadaan motor dulu biar perjalanan aman.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer